Geladi (Bussiness Performance)

Logo_TELKOMTelkom adalah sebuah BUMN yang dimiliki oleh negara indonesia, yang berkecimpung didalam dunia Telekomunikasi. Disolo terdapat kantor telkom yang bernama kandatel SOLO, dimana kandatel solo memiliki cabang2 yang berada disekita karesidenan kota solo. 7 juli 2009 kandatel telkom didatangi 68 mahasiswa IT Telkom d.h STT Telkom yang berasal dari seluruh indonesia. Disini para mahasiswa IT Telkom melakukan geladi  (Sekitar 1,5 bulan) untuk memenuhi salah satu mata kuliah yang ada didalam kurikulum kami. Geladi seperti kerja praktek namun didalam kampus kami namanya geladi, kita dapat memilih daerah geladi diseluruh indonesia dan pihak kampus akan membantu menempatkannya. Saat datang dikantor kandatel solo telkom kami disambut di Aula datel, untuk melakukan pembukaan gladi, didalam aula kita disambut oleh GM datel telkom bapak dwi, dan para manajer-manajer telkom disetiap bidangnya. Saat itu kami memakai kemeja almameter  dan bersiap untuk membantu kandatel telkom agar lebih baik. Ada sambutan dari GM dan pembimbing geladi kami yaitu pak BBH (Bambang Hidayat). Saat itu kami deterangkan tentang kandatel telkom sendiri, dan bagian-bagian yang ada dalam kandatel telkom. Setelah itu kami dibagi kedalam beberapa bagian, ada yang ditempatkan didalam speedy, flexi, BP (Bussiness Performance), CC (Costumer Care), STO (Sentral telepon otomatis), dll.
Kebetulan saya ditempatkan dibagian Bussiness Performance bersama 15 teman saya, dimana bagian tersebut terdapat dilantai 4 kantor  telkom. Kemudian kita diarahkan oleh kakak co-op ke kantor tersebut, sungguh melelahkan saya dan teman – teman ke lantai 4 tersebut, kaki pegel, dan nafas ngos ngosan. Namun dengan semangat say dan teman teman bersiap utnuk melaksanakan gladi (kerja praktek di kandatel solo). Dalam Bussines Performance  kita mempelajari  performansi bisnis di kandatel telkom. Saya diajarkan bagaimana bisa mempertahankan pelanggan agar pelanggan selalu puas dalam pelayanan Telkom selama ini, kita disini mendapatkan pelajaran bagaimana bisa berbicara dengan pelanggan dengan baik dan benar. Jadi didalam bussiness performance saya dapat meningkatkan kualitas softskill yang saya miliki. Disini kita membuat telkom bisa merangkul para pelanggan agar tetap setia. Jadi disini kita diterangkan bagaimana kita dapat menelpon pelanggan dengan baik, dan mendapatkan data sehingga data tersebut digunakan agar Telkom dapat berkembang lebih baik kedepannya nanti. Jadi disini kita akan menelpon pelanggan telkom, biasanya namanya OBC (outbond call), outbondcall kali ini kita akan mendapatkan data tentang kepuasan tentang layanan telkom speedy selama ini. Ini adalah salah satu dan pertama kali diindonesia dimana sistem kerja yang dilakukan kepada para pelanggan. Setelah kita melakukan OBC kita melakukan intimacy kepada pelanggan dengan kegiatan-kegiatan yang intinya Telkom mendekatkan pelanggan dengan para pelanggan. Banyak cerita saat melakukan outbond call ini, ada pelanggan yang marah, ada pelanggan baik, ada yang puas, dan ada pula yang tidak puas. Ini adalah resiko saat melakukan outbond call selama ini, jadi bisa melatih emosi saya juga kalo ada pelanggan yang marah. Selain itu OBC (Outbond Call) digunakan untuk mengukur tingkat kemahiran para pelanggan. Jadi selama ini kebanyakan pelanggan menggunakan internet belum semaksimal mungkin. Salah satu hasil dari outbond call adalah adanya telkom speedy sragen dan telkom speedy solo yaitu komunitas facebook bagi para pengguna telkom speedy solo dan sragen. Jadi dalam facebook ini dari Telkom memberikan informasi-informasi kepada para pelanggan dan pelanggan dapat berkomunikasi dengan perusahaan. Dan juga antar pelanggan juga dapat saling berkomunikasi juga. Dampak yang lain, PT Telkom akan mengadakan event-event yang menarik sehingga pelanggan dapat merasa lebuh nyaman dalam memakai produk kami.
Informasi-informasi yang terbaru adalah tarif telkom speedy menurut saya adalah tarif yang paling murah dan paling cepat saat ini. Karena kalo diitung itung dengan provider lain tarif tersebut paling murah. Jadi pakailah speedy ya. Mari kita buat bangsa ini menjadi bangsa cyber.
Semoga bermanfaat.

Advertisements

WEDANGAN (Warung Hik) (Warung Sego Kucing)

Warung wedangan adalah warung yang sangat terkenal di daerah jawa. Dan biasanya sangat murah dan menjangkau kalangan ekonomi menengah kebawah.
warung ini adalah warung yang sangat banyak digandrungi anak muda untuk tempat nongkrong. Menu yang disajikan bermacam-macam, dan yang uniknya nasi disajjikan dengan bentuk bungkusan.
Jadi kalo kita lihat dalam warung wedangan tersebut ada 3 macam jenis makanan yaitu minuman, goreng2an beserta pelengkapnya (sate usus, cakar), dan nasi nya.UNtuk nasi ada beberapa jenis yaitu:
1. Nasi Kucing
Nasi kucing ini berisi nasi, sambal, dan bandeng.Jadi kenapa kok dikasih nama nasi kucing, karena ada unsur bandengnya. Kita tahu kalo bandeng adalah makanan favoritnya kucing. Dan pada umumnya disetiap warung wedangan pasti ada nasi tersebut, dan tak salah kalo warung wedangan juga disebut warung nasi kucing ( ato dalam bahasa jawa “sego kucingan” atau warung “hik” dimana utnuk kalangan menengah kebawah)
2. Nasi kereng tempe
Nasi tersebut dibungkus dikasih sayur kereng tempe, atau sayur tempe. Dan nasi terbut belum bisa mengalahkan menterengnya nasi kucing. Nasi tersebut biasanya sebagai pelengkap aja kalo ada pelanggan yang gak mau pedes.
dan masih banyak jenis nasi yang laen. namun pada umumnya hanya ada 2 jenis nasi tersebut.

Yuk..
abis kita bicarain tentang nasinya itu, kita akan bicarain lagi tentang minumannya. Wedangan diamabil dari kata wedangan dimana dalam bahasa jawa wedangan adalah minuman jawa, “wedang” adalah minum kalo diartikan dalam bahasa indonesia.Biasanya wedang didalam pikiran kita adalah minuman yang hangat dan cocok dalam jika diminum untuk cuaca dingin.  Namun diwedangan yang ada selama ini terdapat minuman dingin, baik berupa es teh , es jeruk, es extra joss, dll. Jadi disana juga menyediakan minuman dingin juga. Dan kita bisa menikmati the campur jahe (the jahe), jahe anget, the anget, susu jahe, lemon tea, dll

Kemudian di warung wedangan ada makanan kecil, yaitu berupa gorengan. Gorengan disini digunakan untuk pelengkap jika kita nantinya makan nasinya. Gorengan tersebut  terdiri  dari bakwan, tempe, tahu, cakar ayam, kepala ayam, usus, telur puyuh, dll. Dan yang uniknya makannan tersebut dapat  kita bakar. Kalo dalam bahasa jawanya “Garang” jadi kita bisa menyuruh yang jual untuk menyuruh nggarang makanan tersebut. Jadi gorengan bisa terasa enak dan mantab, biasanya bisa dalam bentuk bacem maupun goreng.
Jadi tak salah warung tersebut tersebar dmana mana, silahkan kalai para pembaca ingin menikmati makanan tersebut bisa jalan ke kota solo dan sekitarnya (pada umumnya dijawa tengah). Biasanya warung tersebut memiliki tenda berwarna orange atau biru, dan kalo disolo terdapat tulisan warung wedangan.
Berikut harga makanan yang disajikan :
Nasi 500 per bungkus,
Gorengan 300
Kepala ayam 1500
Minuman 1500
Murah meriah.

Model motor andalan anak2 SMA sejak tahun 95 sampe sekarang

zaman SMAMenurut pengamatan penulis sejak tahun 95. Meskipun penulis pada saat itu masih berumur 5 tahun. Tapi gw juga mengikuti. Selama ini banyak anak SMA yang ngambek sama orang tua untuk beliin motor.[penulis dulu juga pernah] hahaha, tapi cuma dikasih motor ibu yang bontot. Tapi saat itu motor itu gw modif sampe nguras dompet gw. Kira2 habis 1,5 kalo ditotal sejak ibu ngasih motor gw. Hahaha, itu pun motor pertama kali ibuku beli baru.
Ya itulah zaman zaman SMA yang cukup membahagiakan.
Hmph..oke itu cuman pemanasan sebelum menyangkut judul yang gw berikan.
Dari survei yang gw alamin saat ini, saat itu gw masih berumur 5 tahun, gw lihat anak SMA dulu pada mengidam ngidamkan motor astrea grand, wuih,, saat itu mereka merasa motor itu keren. dan cewek2 pada mau kalo naikanna motor grand. Motor itu berjaya sampai 3 tahun kemudian. Setelah itu,muncul motor supra dari honda, yang kemudian banyak anak muda yang menggandrungi motor itu. Motor itu bertahan sampai 2 tahunan.

Kemudian banyak motor yang mulai bermunculan, dan tahun awal tahun 2000an, produk jepang yamaha yang memproduksi motor bebek yang memiliki teknologi kopling seperti motor lelaki[yamahha fizR]. Dan kakak gw dulu naek motor itu, sedangkan saingan waktu itu adalah motor shogun terbaru yang jadi andalan. Model modifannya dulu adalah ceper, dan pretelan bodi . Dan tak beberapa lama banyak pabrikan motor yang ngeluarin produk ayam jago, dan anak muda saling menggandrungi motor itu. Sampai saya sampai kelas satu SMA. Dan kelas 1 SMA saya cuma disuruh make motor shogun 2001 punya ibu itu, waktu itu juga, moedel modif andalannya adalah bannya kecil kecil, hehehe….
Waktu itu keren banget dah,,sampe motor laki pun dikasih ban kecil, sehinggan saat itu motor laki pun juga jadi andalan. Saat itu pun honda yang bermerk megapro naik daun.
Dan kelas 2 gw dibeliin motor megapro, ya perlu disyukuri. Motor gw pertama kali dibeliin ortu. Setahun kemudian Motor matic menjadi andalan sampe saat ini.

CUma informasi ajah neeh gan,
Semoga bermanfaat.

Setia….

hmm…
Kalo kita liat kata ini …
kita berharap bahwa orang yang kita cintai memiliki sifat yang ada didalam kata tersebut. hmmm…cinta lagi…
Oke…
kita gak usah membicarakan cinta secara dalam. Tapi kita akan membicarakan sebuah kata setia. Kata setia tidak berarti setia sama pacar kita, tapi setia itu memiliki sifat komplek dan umum. Setia dalam keluarga, setia dalam organisasi, setia dalam sahabat kita. Dan mungkin hampir sama dengan kata komitmen. Hmm…sangat berat sekali untuk melakukan hal itu. Dibutuhkan sekuat tenaga baik dalam maupun luar. hehhee..
Jadi agar kita ingin setia kuncinya adalah sebuah kepercayaan.
Dan aku membaca sebuah buku renungan harian yang saya memiliki . Bahwa untuk mengukur kesetiaan adalah bagaimana jika jarak memisahkan, dan biasanya orang setia itu mau menunggu sampai waktunya tiba. Selain itu orang setia tanda tandanya yaitu mau menerima seseorang saat jatuh dan tidak punya apa apa lagi.
Kalo kita lihat orang setia sama orang yang memiliki kedudukan dan banyak harta, semua orang pun mudah melakukan kesetiaan itu. Jadi sangat mudah sekali jika kita setia sama orang yang berkelimpahan harta dan kedudukan yang tinggi.
Mungkin teman teman melihat orang disekitar yang kayak gitu. dan survai telah membuktikan. Dan hal itu adalah sifat semu, dan lebih suka yang keduniawiaan.

Maka teman-teman jangan sia sia kan orang yang setia pada kita, karena orang yang memiliki kayak gitu. Jangan lupa berdoa…
Salam hangat dari penulis..

Keroncong…..

celloAkar keroncong berasal dari sejenis musik Portugis yang dikenal sebagai fado yang diperkenalkan oleh para pelaut dan budak kapal niaga bangsa itu sejak abad ke-16 ke Nusantara. Dari daratan India (Goa) masuklah musik ini pertama kali di Malaka dan kemudian dimainkan oleh para budak dari Maluku. Melemahnya pengaruh Portugis pada abad ke-17 di Nusantara tidak dengan serta-merta berarti hilang pula musik ini. Bentuk awal musik ini disebut moresco, yang diiringi oleh alat musik dawai. Musik keroncong yang berasal dari Tugu disebut keroncong Tugu. Dalam perkembangannya, masuk sejumlah unsur tradisional Nusantara, seperti penggunaan seruling serta beberapa komponen gamelan. Pada sekitar abad ke-19 bentuk musik campuran ini sudah populer di banyak tempat di Nusantara, bahkan hingga ke Semenanjung Malaya. Masa keemasan ini berlanjut hingga sekitar tahun 1960-an, dan kemudian meredup akibat masuknya gelombang musik populer (musik rock yang berkembang sejak 1950, dan berjayanya musik Beatle dan sejenisnya sejak tahun 1961 hingga sekarang). Meskipun demikian, musik keroncong masih tetap dimainkan dan dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia dan Malaysia hingga sekarang.

Dalam bentuknya yang paling awal, moresco diiringi oleh musik dawai, seperti biola, ukulele, serta selo. Perkusi juga kadang-kadang dipakai. Set orkes semacam ini masih dipakai oleh keroncong Tugu, bentuk keroncong yang masih dimainkan oleh komunitas keturunan budak Portugis dari Ambon yang tinggal di Kampung Tugu, Jakarta Utara.

Pem-“pribumi”-an keroncong menjadikannya seni campuran, dengan alat-alat musik seperti

* sitar India
* rebab
* suling bambu
* gendang, kenong, dan saron sebagai satu set gamelan
* gong.

Saat ini, alat musik yang dipakai dalam orkes keroncong mencakup

* ukulele cuk, berdawai 3 (nilon), urutan nadanya adalah G, B dan E;
* ukulele cak, berdawai 4 (baja), urutan nadanya A, D, Fis, dan B. Jadi ketika alat musik lainnya memainkan tangga nada C, cak bermain pada tangga nada F (dikenal dengan sebutan in F);
* gitar akustik (Ukulele dan Gitar menggatikan Sitar);
* biola (menggantikan Rebab);
* flut (mengantikan Suling Bambu);
* selo;

Gambar:

* kontrabas (menggantikan Gong)

Penjaga irama dipegang oleh ukulele dan bas. Gitar dan selo mengatur peralihan akord. Biola berfungsi sebagai penuntun melodi, sekaligus hiasan/ornamen. Flut mengisi hiasan, yang melayang-layang mengisi ruang melodi yang kosong.

Bentuk keroncong yang dicampur dengan musik populer sekarang menggunakan organ serta synthesizer untuk mengiringi lagu keroncong.

Musik keroncong lebih condong pada progresi akord dan jenis alat yang digunakan. Sejak pertengahan abad ke-20 telah dikenal paling tidak tiga macam keroncong, yang dapat dikenali dari pola progresi akordnya. Bagi pemusik yang sudah memahami alurnya, mengiringi lagu-lagu keroncong sebenarnya tidaklah susah, sebab cukup menyesuaikan pola yang berlaku. Pengembangan dilakukan dengan menjaga konsistensi pola tersebut. Selain itu, terdapat pula bentuk-bentuk campuran serta adaptasi.

IMG_0090.JPG

Keroncong asli

Keroncong asli memiliki bentuk lagu A – B – C. Lagu terdiri atas 8 baris, 8 baris x 4 birama = 32 birama, di mana dibuka dengan PRELUDE 4 birama yang dimainkan secara instrumental, kemudian disisipi INTERLUDE standar sebanyak 4 birama yang dimainkan secara instrumental juga. Alur akordnya seperti tersusun di bawah ini:

* |V , , , |I , I7 , |IV , V7 , |I , , , | prelude diambil dari baris ke-7 (C1)
* (A1) | I , , , | I , , , | V , , , | V , , , |
* (A2) |II# , , , | II# , , , | V , , , | modulasi merupakan ciri keroncong asli
* |V , , , | V , , , | V , , , |IV , , , | interlude standar utk semua lagu
* (B1) | IV , , ,| IV , , ,|V7 , , , | I , , , |
* (B2) |I , , , | V7 , , , | V7 , , , | I , I7 , |
* (C1) |IV , V7 , |I , I7 , | IV , V7 , |I , , , |
* (C2) | I , , , | V7 , , , | V7 , , ,| I , , , |

Keroncong asli diawali oleh voorspel terlebih dahulu, atau intro yang mengarah ke nada/akord awal lagu, yang dilakukan oleh alat musik melodi seperti seruling/flut, biola, atau gitar.

Langgam Keroncong

Bentuk lagu langgam ada dua versi. Yang pertama A – A – B – A dengan pengulangan dari bagian A kedua seperti lagu standar pop: Verse A – Verse A – Bridge B – Verse A, panjang 32 birama. Beda sedikit pada versi kedua, yakni pengulangannya langsung pada bagian B. Meski sudah memiliki bentuk baku, namun pada perkembangannya irama ini lebih bebas diekspresikan. Penyanyi serba bisa Hetty Koes Endang misalnya, dia sering merekam lagu-lagu non keroncong dan langgam menggunakan irama yang sama, dan kebanyakan tetap dinamakan langgam. Alur akord-nya sebagai berikut:

* Verse A | V7 , , , |I , , , | IV , V7 , | I , , , | I , , , | V7 , , , | V7 , , , | I , , , |
* Verse A |V7 , , , | I , , , | IV , V7 , | I , , , | I , , , | V7 , , , | V7 , , , | I , , , |
* Bridge B |I7 , , , |IV , , , | IV , V , | I , , , | I , , , | II# , , , | II# , , , | V , , ,|
* Verse A |V7 , , , |I , , , | IV , V7 , | I , , , | I , , , | V7 , , , | V7 , , , | I , , , |

Bentuk adaptasi keroncong terhadap tradisi musik gamelan dikenal sebagai langgam Jawa, yang berbeda dari langgam yang dimaksud di sini. Langgam Jawa antara lain lagu Yen Ing Tawang (Tawang suatu desa di Magetan) ciptaan [[Anjar Any]) lahir setelah tahun 1955, dan penyanyi yang terkenal dengan langgam jawa adalah Waljinah bintang Lomba Lagu Kembang Kacang di Surakarta tahun 1960. Langgam Jawa memiliki ciri khusus pada penambahan instrumen antara lain siter, kendang (bisa diwakili dengan modifikasi permainan cello ala kendang), saron, dan adanya bawa atau suluk berupa introduksi vokal tanpa instrumen untuk membuka sebelum irama dimulai secara utuh. Tahun 1980 Langgam Jawa berkembang menjadi Campursari.

Stambul Keroncong

Stambul merupakan jenis keroncong yang namanya diambil dari bentuk sandiwara yang dikenal pada akhir abad ke-19 hingga paruh awal abad ke-20 di Indonesia dengan nama Komedi stambul. Nama “stambul” diambil dari Istambul di Turki.

Alur akord Stambul Keroncong adalah sbb. (tanda – adalah tacet atau iringan tidak dibunyikan):

* |I – – – | – – – – | – – – – |IV , , , | dibuka dg broken chord I utk mencari nada
* |IV , , , |IV , , , |IV , V ,|I , , , |
* |I , , , |I , , , |I , , , |V , , , |
* |V , , , |V , , , |V , , , |I , , , |
* |I , , , |I , , , |I , , , |IV , , , |
* |IV , , , |IV , , , |IV , V , |I , , , |
* |I , , , |I , , , |I , , , |V , , , |
* |V , , , |V , , , |V , , , |I , , , |

Tokoh Keroncong

Salah satu tokoh Indonesia yang memiliki kontribusi cukup besar dalam membesarkan musik keroncong adalah bapak Gesang. Lelaki asal kota Surakarta (Solo) ini bahkan mendapatkan santunan setiap tahun dari pemerintah Jepang karena berhasil memperkenalkan musik keroncong di sana. Salah satu lagunya yang paling terkenal adalah Bengawan Solo. Lantaran pengabdiannya itulah, oleh Gesang dijuluki “Buaya Keroncong” oleh insan keroncong Indonesia, sebutan untuk pakar musik keroncong.
Trivia

Asal muasal sebutan “Buaya Keroncong” berkisar pada lagu ciptaannya, Bengawan Solo. Bengawan Solo adalah nama sungai yang berada di wilayah Surakarta. Seperti diketahui, buaya memiliki habitat di rawa dan sungai. Reptil terbesar itu di habitanya nyaris tak terkalahkan, karena menjadi pemangsa yang ganas. Pengandaian semacam itulah yang mendasari mengapa Gesang disebut sebagai “Buaya Keroncong”.